Bahaya mie instan bagi kesehatan yang harus kamu ketahui dan cara atasinya

Bahaya mie instan bagi kesehatan yang harus kamu ketahui dan cara atasinya

Bahaya mie instan bagi kesehatan - caradini.my.id - Sebagian besar orang Indonesia banyak yang terlalu sering mengkonsumsi mi instan, apa lagi mereka yang jauh dari orang tuanya atau anak-anak kosan, biasanya mereka yang kekurangan uang atau pada akhir bulan belum dapat kiriman dari orang tua di tambah lagi dompet yang menipis, pada saat-saat genting seperti ini mie instan memang pilihan paling efisien untuk di jadikan teman makan. Tapi, sudahkah Anda tahu jika mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering itu berbahaya bagi kesehatan Anda? Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi mie instan secara berterusan itu akan beresiko besar pada kesehatan tubuh Anda sendiri, apa lagi jika Anda mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi atau mie instan di jadikan sebagai lauk makan. Resiko tersebut bisa terjadi dari kegemukan hingga kematian yang akan terus mengintai tubuh Anda.

Bahaya Mie instan


Bahaya Mi Instan yang di makan bersama nasi

Sebagian dari kita banyak yang mengkonsumsi mie instans bersama dengan nasi, namun ternyata mencampur mie dengan nasi bukanlah hal yang menyenangkan dan bahkan akan lebih membahayakan tubuh kita, mencampur mie dengan nasi tidaklah senikmat mie instan yang kita rasakan bagi tubuh kita. Mencampur mie instan dengan nasi akan menimbulkan resiko penyakit yang begitu beragam. Berikut berberapa jenis bahaya yang di timbulkan saat mengkonsumsi mie instan bersama dengan nasi.

  1. Beresiko terjadinya kencing manis atau diabetes melitus 
    Karbohidrat dalam tubuh akan tubuh akan di proses tubuh menjadi glukosa atau gula, glukosa atau gula ini akan di proses oleh insulin yang tereproduksi dari pankreas untuk menjadikannya sumber tenaga. Pada saat mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi yang di ketahui memiliki kelebihan karbohidrat yang tekandung di dalamnya akan menjadikan glukosa yang terlalu banyak, hal ini akan membuat kerja paankreas untuk memproduksi insulin pun akan menjadi semakin berat, dan akibatnya lama kelamaan pankreas akan menjadi aus dan rusak. Apa bila pankreas rusak, akan membuat pankreas tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan glukosa semakin banyak dan menumpuk didalam tubuh kita. Karena hal-hal tersebutlah yang akan mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes.

  2. Berpotensi kegemukan 
    Mie instan dan nasi memiliki kandungan karbohidrat yang sama tingginya. Jika mie instan dan juga nasi di makan secara bersamaan maka kalori yang berlebihan tersebut akan di simpan dalam bentuk lemak oleh tubuh kita, sehingga akan menimbulkan obesitas atau kegemukan pada tubuh.

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Tidak hanya mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi saja yang membahayakan tubuh Anda, mengkonsumsi mie instan yang berlebihan juga bisa membahayakan tubuh. Berikut ada berberapa bahaya memakan mie instan yang terlalu sering.

  1. Beresiko terjadinya kanker 
    Pernahkah Anda berpikir kenapa mie instan tidak lengket dan tidak menggumpal ketika di seduh, hal ini karena di dalam mie instan terdapat lapisan lilin yang berfungsi untuk membuat mie menjadikan mie instan tidak lengket atau pun menggumpal.  Kandungan lilin tersebut akan sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh kita, untuk mencernanya tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya 3 hari waktu yang di butuhkan untuk mencerna dan membuang lilin tersebut. Nah dari sini dapat kita bayangkan apa bila ternyata Anda mengkonsumsi mie instan yang sangat banyak atau mengkonsumsinya setiap harinya, sudah pasti lilin tersebut akan menumpuk dan mengumpul di dalam tubuh Anda yang akan mengakibatkan timbulnya sel kanker. Selain itu, bumbu pada mie instan juga terdapat banyak mengandung MSG (monosodium glutamat) yanh juga akan mengancam tubuh kita terserang kanker yang merupakan penyakit yang mematikan.

  2. Mengandung kandungan sodium yang sangat tinggi 
    Mie instan juga mengandung kandungan sodium yang sangat tinggi, hal ini akan mengakibatkan tubuh kita beresiko terkena serangan penyakit jantung. Dan salah satu jenis resiko yang paling kerap terjadi yang di sebabkan oleh efek sodium merupakan penyakit darah tinggi. 
    Baca juga 

  3. Mie instan merupakan bagian dari junk food 
    Mie instan merupakan jenis makanan yang berkategori makanan sampah. Kenapa demikian? Iya karena mi instan merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga lemak jenuh yang cukup tinggi. Mie instan juga tidak mengandung kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti serat, protein atau pun vitamin. Jadi intinya mie instan merupakan makanan yang hanya mengandung kandungan yang berbahaya saja untuk tubuh kita. Hal inilah yang membuat kenapa mie instan tidak baik untuk di konsumsi setiap hari. 

Tips Cara Mengkonsumsi Mie Instan yang baik dan sehat

Untuk meminimalisir timbulnya berberapa penyakit yang di sebabkan oleh mie instan, ada berberapa cara yang harus kamu lakukan agar mie instan bisa sedikit berkurang efek sampingnya. Apa lagi bagi Anda yang gemar menikmati mi instan, cara ini mungkin bisa Anda lakukan.

  1. Buang air rebusan pertama 
    Ketika merebus mie instan sebaiknya Anda membuang air rebusannya setelah mie instan mulai masak, setelah itu baru Anda tambahkan lagi dengan air yang baru. Apa bila Anda menyeduh mie goreng hendaknya Anda mencuci mie dengan air masak setelah mie selesai di rebus atau ditiriskan. Hal ini bisa meminimalisir lilin dari mie instan karena pada saat merebus mie instan tersebut lapisan lilin yang terdapat di dalamnya sebagian akan larut bersama dengan air rebusan yang pertama kalinya, itu lah sebabnya kenapa mie instan kuahnya berwarna agak putih kekuningan. Mungkin cara ini memang akan mengurangi sedikit cita rasa pada mie instan. Selain hal tersebut, salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh kita semua ialah mengkonsumsi mie instan yang belum dimasak atau memasak mie yang setengah matang, memang cara ini bisa menjadikan mie instan sebagai cemilan yang nikmat. Akan tetapi mie yang setengah matang atau mentah akan semakin mempersulit sistem pencernaan pada tubuh.

  2. Jangan campur bumbu saat mie sedang dimasak 
    Sebagian besar orang-orang akan memasukkan bumbu mie instan pada saat mie sedang di masak atau dalam keadaan mie sedang mendidih. Sebenarnya cara ini merupakan cara yang salah, karena di dalam bumbu mie instan mengandung zat yang berbahaya jika ikut dimasak bersama dengan mie. Anda bisa mencampurkan bumbu ketika mie sudah selesai di rebus atau sudah di turunkan dari atas api. Jika Anda cermati pada kemasan mie instan, cara penyajiannya juga menganjurkan supaya bumbu di taruh dalam mangkuk selagi mie di masak setelah itu baru di tuangkan mie yang sudah matang dalam mangkuk yang sudah di kasi bumbu tadi. Bukan memasak bumbu bersama mie tersebut.

  3. Beri jeda untuk mengkonsumsi mie instan 
    Sebelumnya juga sudah di jelaskan bahwa lapisan lilin yang terdapat di dalam mie instan akan habis di cerna selama lebih kurang 3 hari, dan di keluarkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, berilah jeda waktu minimal 3 hari dan tidak mengkonsumsinya setiap hari.

  4. Tambahkan Sayuran, daging dan juga telur 
    Agar mie instan bisa bermanfaat bagi tubuh Anda, anda bisa menambahkan sayuran, daging atau pun telur sesuai dengan selera Anda masing-masing untuk melengkapi kandungan gizi yang ada pada mie instan tersebut.

Demikian dari Caradini.my.id tentang pembahasan bahaya mie instan dan tips cara mengkonsumsi yang baik dan sehat. Bantu share artikel ini jika artikel ini bermanfaat. Sekian dari saya terimakasih.
Baca juga:



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top